Kerajinan dari Batok Kelapa

kerajinan dari bahan batok kelapa

Apa saja sih kerajinan tangan yang terbuat dari bahan batok kelapa? Di artikel kali bangayas akan membahas berbagai macam kerajinan yang terbuat dari bahan batok kelapa.

Tempurung atau batok kelapa adalah sisa dari kelapa. Walaupun sisa sisa dari buah kelapa, batok kelapa masih bisa dimanfaatkan kembali.

Salah satu contoh pemanfaatan batok kelapa ialah dengan cara membuatnya menjadi kerajinan. Namun biasanya batok kelapa dijadikan arang batok kelapa.

Di Indonesia, pohon kelapa tumbuh cukup baik, tanaman kelapa sangatlah berguna dan bermanfaat. Dari akar pohon sampai daun kelapa semuanya berguna dan bermanfaat.

Pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari batang pohonnya, daunnya, sampai buahnya yang biasa dimanfaatkan untuk keperluan dan kebutuhan pangan manusia.

Batang pohon kelapa, daun, hingga buahnya bisa di kreasikan menjadi benda benda yang memiliki nilai jual.

Salah satunya batok kelapa bisa di kreasikan menjadi bahan atau benda benda kerajinan yang menarik dan tentunya mempunyai nilai jual.

Membuat kerajinan dari batok kelapa juga merupakan salah satu bentuk dari pemanfaatan limbah batok kelapa yang sudah tidak terpakai lagi.

Bicara soal kerajinan dari pohon kelapa, bagian batok kelapa juga sering dipakai untuk dijadikan bahan kerajinan.

Batok kelapa ini merupakan benda serbaguna serta fungsional. Jadi tak heran jika kamu melihat batok kelapa dijual dengan harga yang lumayan.

Batok Kelapa

Apa itu batok kelapa? Batok kelapa merupakan bagian kulit keras yang membungkus buah kelapa. Batok kelapa terletak pada bagian setelah serabut kelapa.

Batok kelapa merupakan sisa sisa yang berasal dari buah kelapa yang sudah diambil dagingnya. Biasanya batok kelapa digunakan untuk dijadikan arang atau bahan pembakaran.

Batok kelapa bisa didapatkan di pasar tradisional dengan harga murah meriah, bahkan kamu bisa mendapatkannya secara gratis. Biasanya pedagang di pasar mengumpulkannya untuk dijadaikan arang. Batok kelapa nantinya akan dijual untuk keperluan membakar yang di cari pedagang sate.

Biasanya ada juga yang menjualnya dalam jumlah kiloan atau perkarung. Harganya jadi lebih murah bila membeli dalam jumlah yang banyak. Harga akan lebih murah jika dibeli dengan jumlah besar.

Apa saja macam macam kerajinan yang terbuat dari bahan batok kelapa? Jika kamu mempunyai banyak tempurung kelapa, jangan langsung dibuang. Karena batok kelapa masi bisa kamu jadikan barang kerajinan yang mempunyai nilai jual.

Semakin kreatif kamu, maka akan semakin tinggi dan unik kerajinan yang kamu hasilkan serta mempunyai nilai jual yang tinggi pula. Banyak sekali barang barang kerajinan tangan yang bisa kamu buat dari batok kelapa, contohnya gantungan kunci.

Dari pada kamu penasaran apa saja kerajinan tangan yang bisa dibuat dari batok kelapa, langsung aja simak berikut dibawah ini berbagai macam kerajinan yang terbuat dari bahan batok kelapa.

Tips Memilih Batok Kelapa

Sebelum membuat kerajinan dari batok kelapa, kamu juga perlu memperhatikan kualitas batok kelapa.

Pemilihan batok kelapa sangatlah penting supaya hasil kerajinan maksimal dengan kualitas yang baik juga. Oleh karena itu batok kelapa perlu diperhatikan karena merupakan bahan utama kerajinan.

Kualitas batok kelapa yang merupakan baham utama sangat berpengaruh terhadap hasil kerajinan yang dibuat, harga jual serta kualitas agar tahan lama.

Pilihlah batok kelapa yang sudah tua. Kamu juga bisa membedakan antara batok kelapa yang keras atau tidak dari segi warnanya. Yaitu saat di potong memilki warna hitam maka memiliki tekstur yang keras.

1. Kerajinan Mangkok dari Batok Kelapa

Kalau biasanya mangkok terbuat dari bahan keramik dan plastik. Kali ini kita akan membuat mangkok dari batok kelapa. Nah kerajinan mangkok dari batok kelapa ini sangat berguna sekali untuk kamu gunakan dirumah.

Ketika kamu ingin makan makanan yang berkuah maka akan membutuhkan wadah makanan yang cocok, yaitu mangkok.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Tempurung kelapa
  • Gergaji besi
  • Amplas halus
  • Mineral oil
  • Dan kuas kecil.

Cara membuat mangkok dari batok kelapa yaitu, dengan memotong tempurung kelapa dengan menggunakan gergaji menjadi dua bagian. Ketika memotong, buatlah ukuran dengan perbandingan 60 : 40.

Bagian yang 60 akan digunakan sebagai mangkok, sementara bagian yang 40 akan digunakan sebagai kaki dasar mangkok. Amplas bagian luar dan bagian dalam batok supaya menjadi bersih dan halus. Semprot dengan bahan footgrade yang aman dipakai untuk makanan seperti mineral oil. Setelah itu keringkan, lalu mangkok siap dipakai.

2. Kerajinan Tangan Cangkir dari Batok Kelapa

Membuat cangkir dari bahan batok kelapa mungkin prosesnya akan sedikit sulit karenakan batoknya keras.

Bahan dan alat yang diperlukan yaitu,

  • Batok kelapa
  • Kayu untuk dijadikan gagang
  • Gergaji
  • Amplas
  • Kuas
  • Lem kayu
  • Dan mineral oil.

Cara membuat cangkir dari batok kelapa yakni, potong batok kelapa sekitar 60 persen dari batok kelapa yang utuh. Lalu amplas bagian dalamnya serta bersihkan dan haluskan sampai mulus.

Kemudian buat kaki cangkir dari sisa potongan batok kelapa. Rekatkan bagian cangkir dan kaki cangkir dengan memakai lem. Dan jangan lupa tempelkan juga gagang dari kayu.

Keringkan terlebih dahulu setelah itu baru gunakan mineral oil supaya cangkir dari batok kelapa terlihat menarik. Mengolesnya dengan mineral oil akan membuat lebih aman jika digunakan pad abagian yang akan dipakai untuk menaruh makanan atau minuman.

3. Gelas dari Batok Kelapa

JIika biasanya kamu melihat gelas yang terbuat dari keramik atau kaca, bagaimana kalau kamu membuat gelas dari batok kelapa? tentu gelas yang terbuat dari batok kelapa akan mempunyai ciri khas tersendiri serta unik. Kamu juga bisa menjual gelas dari batok kelapa di online shop.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Batok kelapa
  • Gergaji
  • Amplas
  • Kayu berbentuk setengah lingkaran
  • Dan lem.

Cara membuat gelas dari batok kelapa yakni, pertama tama potong batok kelapa menjadi sepertiga bagian. Bagian yang besar digunakan untuk wadah air dan yang kecil digunakan untuk alasnya. Gosok dengan amplas sampai halus dan lembut.

Rekatkan kayu untuk pegangan gelas dengan menggunakan lem, lalu rekatkan juga bagian alas gelas. Setelah itu bersihkan gelas dari kotoran lalu jemur sampai kering. Kamu juga bisa menambahkan pernis untuk membuat warna lebih mengkilap.

4. Teko dari Batok Kelapa

Setelah kerajinan gelas yang terbuat dari batok kelapa, kamu juga bisa membuat teko dari batok kelapa.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Dua batok kelapa
  • Kayu untuk gagang
  • Lem kayu
  • Mesin bor
  • Amplas
  • Pisau
  • Dan mineral oil.

Cara membuat teko dari batok kelapa yakni, langkah pertama kamu bersihkan batok kelapa menggunakan pisau hingga bersih. Kemudian belah dua batok kelapa dengan memiliki perbandingan 70 : 30. Untuk bagian 70 akan kita gunakan untuk kaki teko dan yang bagian 30 akan kita jadikan tutup teko.

Setelah itu amplas sampai bersih semua batok kelapa hingga halus. Jangan lupa untuk membuat gagang dan saluran untuk air pada teko. Rekatkan semua bagian dengan menggunakan lem. Kamu juga bisa mempercantik teko dengan pernis.

5. Kerajinan Toples dari Batok Kelapa

Ketika ada acara dirumah atau bila hari raya tiba, tentu kita membutuhkan toples sebagai wadah kue, camilan dan makanan yang lainnya. Supaya hidangan di meja semakin unik dan menarik, toples dari batok kelapa bisa kamu jadikan salah satu penghias di meja.

6. Celengan Berbahan Batok Kelapa

Kalau biasanya kita melihat celengan yang terbuat dari plastik dan tanah liat sudah terlalu biasa. Kali ini kamu boleh coba membuat celengan dengan menggunakan bahan batok kelapa.

Tentunya celengan dari batok kelapa ini akan lebih unik serta juga memilki seni ciri khas tersendiri. Celengan dari batok kelapa yang unik dan menarik bisa juga di jual dan pastinya lumayan untuk mengumpulkan pundi pundi rupiah.

Bukan hanya itu, celengan dari batok kelapa juga dapat dijadikan hadiah untuk adik kecil maupun buah hati kamu. Dengan memberinya celengan akan melatih mereka untuk berhemat dan menabung.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Batok kelapa tua
  • Gergaji
  • Pisau
  • Lem
  • Amplas kasar
  • Dan amplas halus.

Langkah langkah membuat celengan dari batok kelapa, pertama gosok permukaan batok kelapa dengan amplas kasar. Setelah permukaan batok kelapa cukup halus, gergaji bagian tengah batok kelapa hingga terbelah lalu bersihkan isi didalmnya.

Setelah itu buatlah lubang yang kira kira cukup untuk memasukkan uang. Hilangkan serabut kasar pada lubang yang masih menempel dengan pisau atau amplas kasar. Lalu satukan kedua bagian batok menggunakan lem perekat.

Haluskan seluruh permukaan batok menggunakan amplas kasar kemudian dilanjutkan dengan amplas halus sampai benar benar halus. Terakhir kamu bisa menambahkan aksesoris, hiasan dan atau diwarnai seseuai selera.

7. Kerajinan Asbak Rokok Batok Kelapa

Kerajinan lainnya yang bisa dibuat dari batok kelapa ialah asbak rokok. Kerajinan asbak rokok dari batok kelapa merupakan salah satu yang lumayan mudah dalam pembuatannya.

Asbak menjadi salah satu kebutuhan untuk mereka para perokok aktif sebagai tempat pembuangan sisa dari rokok. Biasanya dari kebanyakan kita sering kali melihat asbak rokok yang terbuat dari marmer atau besi. Maka untuk kali ini kamu bisa mencoba untuk membuat asbak yang terbuat dari batok kelapa.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Batok kelapa tua
  • Lem kayu
  • Amplas
  • Gergaji.

Cara membuat asbak dari batok kelapa, haluskan seluruh permukaan batok kelapa tua dengan menggunakan amplas. Setelah itu, potong batok kelapa menjadi dua bagian.

Lalu, potong batok satunya (akan lebih baik apabila ukurannya lebih kecil) kemudian satukan dengan batok wadah asbak dengan menggunakan lem. Kamu juga bisa menambahkan hiasan pada batok kelapa, misalnya seperti di cat.

8. Tempat Lilin dari Batok Kelapa

etika dirumah terjadi mati lampu, tentu kita akan membutuhkan penerangan alternatif. Hal yang kadang sering membuat kita kesal yakni lilin tersebut susah diletakkan dengan tegak atau lilin yang sudah mencair.

Solusinya yang menarik ialah tempat lilin yang terbuat dari batok kelapa. Kelebihan dari tempat lilin dari batok kelapa ini yaitu supaya lilin tidak jatuh, mudah di letakkan dimana saja dan juga jika lilin mencair tidak jatuh kemana mana.

9. Lampu Hias Berbahan Batok Kelapa

Lampu hias membutuhkan keterampilan khusus dan juga kemauan yang tinggi untuk membuatnya. Lampu hias dari batok kelapa bisa dijadikan aksesoris yang unik serta menarik.

Desain lampu hias kini sangat beraneka ragam dan terbuat dari berbagai macam bahan, salah satu contohnya dari batok kelapa ini.

Biasanya lampu hias diletakkan di kamar yang digunakan sebagai pelengkap ruangan seperti ruang belajar serta kamar tidur. Untuk kamar tidur lampu ini akan mengatur pencahayaan kamar yang lebih nyaman untuk tidur.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Batok kelapa kering
  • Amplas
  • Kawat besi
  • Lem
  • Cat pernis
  • Tali
  • Dan bor kecil.

Cara membuat lampu hias dari batok kelapa, langkah pertama yakni amplas batok kelapa pada bagian permukaanya hingga halus. Setelah itu buat pola dengan menggunakan pensil pada permukaan batok.

Kemudian, lubangi bagian atas batok kelapa yang nantinya akan dijadikan tempat lampu. Lalu bersihkan isi kelapa hingga benar benar bersih.

Jika sudah bersih, bentuk pola yang sudah dibuat tadi dengan melubangi dan tambahkna ukiran atau ornament seperti gambar daun.

Buatlah dudukan untuk batok kelapa, bisa terbuat dari batok ataupun dari kayu. Satukan dan rekatkan keduanya dengan lem dan kawat supaya lebih kuat.

Warnai batok kelapa dengan memakai pernis supaya tampilan lebih mengkilap. Setelah itu tambahkan lilitan tali pada batok membentuk pola sesuai dengan selera.

10. Tempat Tisu dari Batok Kelapa

Batok kelapa juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat tempat tisu. Jika kamu bosen dengan model kotak tisu atau mungkin ingin merubah desain kotak tisu yang unik dan menarik untuk ruang tamu.

Maka kamu bisa membuat tempat atau kotak tisu dari batok kelapa ini.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Pertama siapkan tempat tisu dari kardus
  • Anyaman tali dari pelepah pisang
  • Pisau,
  • Amplas,
  • Pernis
  • Juga lem kayu.

Cara membuat kancing dari batok kelapa, Langkah pertama bersihkan atau hilangkan serabut yang masih tersisa di batok kelapa dengan menggunakan pisau. Lalu bersihkan permukaan batok kelapa dengan menggunakan amplas.

Pecahkan batok menjadi potongan potongan yang kecil, bentuknya bebas dan juga bisa acak. Setelah itu pernis semua pecahan batok kelapa tadi, lalu rekatkan pecahan batok kelapa pada tempat tisu menggunakan lelm kayu. Langkah yang terakhir, ber hiasan tali anyaman dari pelepah pisang.

11. Tas dari Bahan Batok Kelapa

Kerajinan tangan dari batok kelapa yang terakhir ialah tas. Mungkin biasanya tas dibuat dari bahan kulit, maka kali ini ragamnesia merekomendasikan tas yang terbuat dari bahan batok kelapa.

Untuk membuat tas ini dibutuhkan kemampuan khusus dan kreativitas yang tinggi pula, karena mungkin akan sulit untuk membuatnya. Kerajinan tas ini biasanya diperjual belikan di daerah Yogyakarta.

12. Jam dari Batok Kelapa

Tak hanya lampu hias, batok kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat jam. Jam biasanya terbuat dari bahan plastik, tetapi kamu juga bisa membuat jam menggunakan bahan dari batok kelapa juga.

Seperti lampu hias, kerajinan batok kelapa juga membutuhkan keterampilan khusus dan kreativitas. Jam dari batok kelapa bisa dijadikan aksesoris atau hiasan yang unik dan menarik diruang tamu.

13. Kancing dari Bahan Batok Kelapa

Jika biasanya, Kebanyakan kancing baju terbuat dari plastik, bagaimana jika kamu membuat kancing baju dari bahan batok kelapa?

Kancing baju dari batok kelapa ini biasanya bisa kamu temukan pada pakaian tradisional. Cara membuat kancing ini memang sedikit sulit, di butuhkan ketelitian karena kancing baju mempunyai bentuk yang relatif kecil.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Amplas
  • Batok kelapa
  • Pernis
  • Mesin bor
  • Pisau
  • Gergaji
  • Kuas.

Cara membuat kancing dari batok kelapa, langkah pertama bersihkan batok kelapa menggunakan pisau. Amplas batok kelapa sampai bersih dan halus. Setelah itu buat pola kancing pada batok kelapa, potong batok kelapa sesuai pola yang sudah dibuat tadi.

Buat 2 lubang pada bagian tengah kancing, yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat benang. Langkah terakhir yaitu pernis kancing kemudian tunggu hingga kering. Kancing dari batok kelapa pun siap digunakan.

14. Miniatur Perahu dari Batok Kelapa

Kerajinan dari batok kelapa yang satu ini memang lumayan sulit dibuat. Tetapi akan bernilai tinggi jika hasil karyanya unik dan menarik. Namun akan membutuhkan ketelatenan tinggi, keterampilan khusus dan juga kreativitas.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Batok kelapa
  • Sabut kelapa
  • Bambu
  • Lem
  • Pernis
  • Gergaji
  • Amplas.

Cara membuat miniatur perahu layar dari batok kelapa, langkah pertama potong potong batok kelapa jadi bagian bagian kapal. Setelah itu buat sabut kelapa menjadi beberapa tali.

Kikis serta haluskan batang bambu untuk dijadikan bagian tiang kapal. Lalu buat lubang pada batok kelapa sebagai tempat tegaknya tiang kapal.

Bersihkan batok kelapa dengan amplas. Setelah itu rangkai kapal sesuai dengan bentuk keinginamu lalu pernis seluruh bagian kapal supaya terlihat cantik.

Kemudian, rekatkan seluruh bagian kapal dengan menggunakan lem. Hias kapalnya dengan tali sabut kelapa dan miniatur perahu layar pun siap.

15. Kreasi Gantungan Kunci dari Batok Kelapa

Aksesoris gantungan kunci dari batok kelapa cukup mudah dan banyak ditemukan di pasar. Khususnya pasar yang berada di tempat pariwisata untuk dijadikan oleh oleh.

Gantungan kunci sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh kepada teman, sahabat ataupun keluarga.

Bahan dan alat yang diperlukan yakni,

  • Batok kelapa
  • Pisau
  • Gergaji
  • Gantungan dari besi
  • Amplas, bor tangan ukuran yang kecil, lem dan cat warna (pernis)

Cara membuat gantungan kunci dari batok kelapa, langkah pertama potong batok kelapa kering sesuai dengan kebutuhan atau selera yang ingin kamu buat menggunakan gergaji atau pisau.

Bentuk pola yang diinginkan di atas permukaan batok kelapa. Lal potong batok kelapa yang sudah ada polanya perlahan dengan mengikuti pola gambar.

Bor pada bagian yang akan dimasuki gantungan. Jika sudah selesai, haluskan permukaan batok menggunakan amplas sampai halus.

Kamu bisa menambahkan warna sesuai selera, lalu keringkan, setelah kering baru gantungan bisa dipasang.

16. Kreasi Bros dari Batok Kelapa

Jika biasanya bros terbuat dari plastik dan besi, kamu juga bisa membuat kerajinan dari batok kelapa yang diolah menjadi bros.

Sama seperti gantungan kunci, kerajinan ini sering ditemui di tempat tempat wisata atau pasar souvenir. Bros juga bisa dijadikan oleh oleh ataupun hadiah.

17. Vas Bunga dari Batok Kelapa

Kalau vas bunga biasanya terbuat dari plastik atau keramik, kamu bisa mencoba untuk membuatvas bungan yang terubat dari tempurung kelapa. Kamu bisa menggunakan batok kelapa tua yang kering. Beri warna pada pot bunga yang gelap agar lebih serasi ketika diletakkan pada taman.

Beri motif pada vas kembang batok kelapa tersebut agar terlihat lebih cantik saat dipajang didepan rumah. Supaya lebih awet Anda juga bisa membuatkan gantungan pada vas bung tempurung kelapa tersebut.

Manfaat Manfaat Batok Kelapa

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali manfaat manfaat dari batok kelapa ini, simak beberapa manfaat dari batok kelapa dibawah ini.

1. Sebagai Pengawet Makanan Alami

Tahukah kamu kalau batok kelapa bisa dijadikan pengawet makanan yang alami? Batok kelapa ini diolah dulu menjadi cairan. Caranya memang sedikit sulit, yaitu dengan mengasapi batok sampai muncul cairan kental seperti kecap.

Tampung cairan tersebut ke dalam satu wadah, cairan tersebut dapat dipakai untuk mengawetkan kayu supaya tidak dimakan oleh rayap. Jika ingin memakainya untuk pengawet makanan maka cairan harus diproses lebih lanjut, baru bisa dioles ke bagian pangan yang akan diawetkan.

2. Menjadi Bahan Baku Pupuk Organik

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari batok kelapa. Tak hanya dijadikan sebagai bahan pengawer makanan, kamu bahkan dapat menjadikan batok kelapa sebagai pupuk organik.

Pupuk organik dari batok kelapa dapat memberi nutrisi pada tumbuhan dengan maksimal serta kandungan alam bebas kimia.

Selain itu, arang aktif yang telah diaktivasi bisa dipakai untuk melapisi pupuk urea yang bertujuan supaya urea menjadi lambat diurai.

Untuk melapisi pupuk urea dengan arang aktif ini perlu alat yang digunakan untuk membuat pupuk granule.

3. Saringan Alami Air Bersih

Mungkin daerah kamu salah satu dari banyaknya daerah yang mendapatkan air yang kurang bersih. Tidak semua daerah bisa mendapatkan air bersih. Kalau begitu kamu bisa memanfaatkan batok kelapa.

Dengan menggunakan batok kelapa, air dapat jadi lebih murni dan bersih. Dikarenakan batok kelapa memiliki kandungan karbon aktif, dengan material karbon tersebut akan mengikat kotoran sehingga air menjadi lebih jernih setelah melewati saringan dari batok kelapa.

4. Kerajinan Tangan

Kerajinan juga merupakan salah satu manfaatnya batok kelapa. Karena batok kelapa yang menjadi barang kerajinan tangan dapat dijadikan sumber penghasilan.

Seperti yang sudah kita bahas di atas, banyak sekali barang kerajinan tangan yang dapat dihasilkan dari batok kelapa.

 

Mungkin sampai situ saja pembahasan kita untuk macam macam kerajinan tangan dari bahan batok kelapa di artikel kreasi kali ini.

Apabila ada kesalahan atau keliru, kamu bisa komen dibawah.

Jangan lupa share artikel ini ke teman, sahabat atau yang membutuhkannya jika artikel ini dirasa dapat membantu, semoga bermanfaat.

Kerajinan Dari Serat Alam

bangayas
9 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!