Lapangan Lempar Cakram

lapangan lempar cakram

Seperti kebanyakan olahraga lainnya, olahraga lempar cakram juga membutuhkan sebuah lapangan serta mempunyai peralatan khusus yang digunakan.

Nah, seperti pada judul diatas kali ini bangayas akan membahas tentang lapangan dan alat yang digunakan dalam olahraga lempar cakram. Tapi kita juga sekaligus akan membahas peraturannya.

Dalam bahasa inggris, olahraga lempar cakram ini disebut dengan Discus Throw. Olahraga lempar cakram ini merupakan salah satu cabang olahraga atletik dari nomor lempar.

Langsung aja simak dibawah ini untuk penjelasannya, selamat membaca…

Lapangan Lempar Cakram

ukuran lapangan lempar cakram

Lihat dan perhatikan gambar lapangan lempar cakram diatas, berikut penjelasannya dibawah :

  • Lapangan lempar cakram mempunyai bentuk lingkaran, dimana lingkaran tersebut merupakan tempat para atlet dalam melemparkan cakram.
  • Lingkaran tempat para atlet dalam melemparkan cakram mempunyai diameter 2,5 meter. Lingkaran tempat melempar tersebut terbuat dari metal atau baja.
  • Perpanjangan garis tengah yaitu 75 cm.
  • Besar sudut sektor lemparan yakni 40º.
  • Lebar garis batas lempar yaitu 5 cm.

Biasanya olahraga lempar cakram dipertandingkan di lapangan yang terbuka dan cukup luas.

Di sekitar lingkaran atau tempat atlet untuk melakukan lemparan, harus ditutup dengan jaring kawat pengaman.

Hal tersebut dilakukan agar memberikan jaminan keselamatan kepada penonton atau orang yang berada di sekelilingnya.

Permukaan lapangan tempat melempar harus datar dan tidak licin, dapat terbuat dari semen, aspal, atau bahan lainnya.

Peralatan Olahraga Lempar Cakram

Olahraga lempar cakram ini tidak terlalu membutuhkan banyak alat untuk memainkannya. Mungkin yang dibutuhkan hanya lapangan yang sudah dijelas di atas dan alat utama yakni, cakram.

Cakram

Seperti yang sudah dikatakan, cakram merupakan alat utama untuk memainkan lempar cakram.

Cakram ini mempunyai bentuk bulat pipih dan cembung ke tengah. Alat tersebut terbuat dari bahan dasar kayu yang menyerupai piring dengan berbingkai sabuk besi atau metal.

Bingkainya berbentuk lingkaran penuh, tepat di tengah-tengah lingkaran cakram tadi, ada beban yang bisa dilepas pindahkan. Yang berarti bisa dipindahkan sesuai dengan keinginan kita.

Nah, ada juga cakram yang berbahan karet padat, biasanya cakram yang seperti ini hanya digunakan untuk saat latihan saja.

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya berapa sih berat cakram yang dilempar untuk peserta laki-laki? atau berapa sih berat cakram yang dilempar untuk peserta perempuan?

Dalam perlombaan resmi, cakram mempunyai ukuran dan berat yang berbeda antara nomor putra dan nomor putri. Berat dan ukuran tadi disesuaikan dengan nomor atau jenis kategori pertandingannya.

Untuk perbedaan alat cakram untuk setiap kategorinya ada dibawah ini.

Cakram Untuk Peserta Putra Atau Laki-Laki

  • Berat cakram untuk kategori putra 1,5 – 2 kg dan mempunyai garis tengah 219 – 221 mm.
  • Ukuran diameter cakram yang digunakan oleh peserta putra ialah 22 cm.

Cakram Untuk Peserta Putri Atau Perempuan

  • Berat cakram untuk kategori putri 1 kg dan mempunyai garis tengah 180 – 182 mm.
  • Ukuran diameter cakram yang digunakan oleh peserta  putri ialah 18 cm.

Peraturan Lempar Cakram

Cakram juga mempunyai peraturan yang harus dipatuhi oleh seluruh atlet atau pelempar, peraturan tersebut antara lain ialah :

  1. Dalam pertandingan skala internasional, ukuran lapangan dan cakram menggunakan ukura standard yang telah ditetapkan oleh IAAF.
  2. Pertandingan menggunakan 5 wasit, 2 wasit berada di area peserta melempar dan bertugas untuk mengawasi kaki peserta ketika berputar sekaligus memeberikan aba-aba kepada peserta. Sedangkan 3 wasit yang lain berada di lapangan pendaratan dan bertugas mengawasi titik jatuh cakram dan mengukur jarak jatuh cakram dari titik lempar.
  3. Peserta tidak boleh keluar lingkaran setelah berada pada posisi siap dan sebelum menyelesaikan lemparan.
  4. Peserta tidak boleh menginjak bagian luar lingkaran saat melakukan lemparan.

 

Itulah tadi pembahasan kita tentang ukuran lapangan lempar cakram beserta peralatan dan peraturannya. Kalau ada yang salah, kurang, atau keliru untuk informasi di atas kalian bisa tulis di kolom komentar.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman kalian barangkali sedang membutuhkan informasi tentang lapangan lempar cakram, semoga bermanfaat…

error: Content is protected !!