Macam-Macam Tanaman Buah

macam macam tanaman buah

Macam macam tanaman buah – Keterbatasan lahan sudah menjadi masalah yang lumrah khususnya pada masyarakat yang berada di kota-kota besar.

Tetapi, memiliki halaman kecil di rumah bukan menjadi halangan untuk berkebun.

Apabila pekarangan Anda tidak begitu luas, tapi anda ingin bercocok tanam atau membudidayakan tanaman buah.

Anda tidak perlu khawatir, karena disini Anda bisa membudidayakan ataupun bercocok tanam dengan tanaman hias maupun tanaman buah dengan cara tanaman yang di tanam dalam pot atau biasa disebut tambulampot.

Cukup siapkan media seperti pot, tanah yang subur maupun media tanam yang lainnya serta bibit buah, Anda pun sudah dapat menaman buah-buahan kesukaan Anda.

Tanaman yang bisa ditanam di dalam pot tidak hanya tanaman hias saja, tetapi juga tanaman buah-buahan.

Tidak hanya sayuran dan juga bunga saja yang bisa ditanam dalam pot, tapi tanaman buah pun juga bisa diitanam dalam wadah kecil seperti pot.

Dengan mempunyai tanaman buah yang ditanam dalam pot (tabulampot), Anda bisa memanen buah segar dari kebun mini atau dari rumah Anda sendiri.

Sekarang ini telah banyak tanaman yang dibuat dengan menggunakan pohon yang lebih kecil dan juga memang diperuntukkan untuk ditanam dalam pot.

Apabila Anda menanam tanaman buah dalam pot (tabulampot) di rumah Anda, maka Anda dengan mudah tinggal memetiknya.

Berikut kumpulan macam macam tanaman buah yang cocok Anda tanam di dalam pot atau di wadah kecil di rumah Anda, akan tetapi tidak semua buah cocok dijadikan tanaman yang ditanam di dalam pot.

1. Tanaman Buah Jambu Biji

Macam macam tanaman buah yang pertama ialah tanaman jambu biji.

Jambu biji merupakan salah satu tanaman yang bisa ditanam dalam pot. Anda bisa menempatkannya di area yang hangat dan terkena sinar matahari langsung.

Jambu biji menyukai paparan sinar matahari yang cerah serta hangat. Tanaman buah tropis ini sangat mudah tumbuh dan juga beradaptasi dengan berbagai macam kondisi cuaca.

Buahnya tak hanya enak, tetapi pohon jambu biji juga memiliki bunga yang mempunyai aroma manis.

Jambu biji merupakan tanaman buah tropis yang tergolong pendek.

Umumnya tinggi pohonnya mencapai 5 hingga 6 meter, tetapi jika dilakukan perawatan dan pemangkasan, tingginya hanya 3 meter saja, bahkan juga bisa ditanam di pot.

Selama ini, jambu biji sering dinilai sebagai buah yang hanya bisa tumbuh di pohon besar di pekarangan yang luas saja.

Padahal, tanaman jambu biji juga bisa ditanam di dalam pot yang ukurannya mungkin agak besar.

Mengingat batang dan akar tanaman jambu biji ini cukup tebal, maka Anda memerlukan pot yang kokoh, kuat dan agak besar.

2. Tanaman Buah Delima

Delima termasuk salah satu tanaman buah yang mudah ditanam di dalam pot.

Karena, perakarannya yang pendek atau dangkal jika dibandingkan dengan pohon buah besar yang lain serta merupakan tanaman yang tahan dingin.

Tanaman ini juga tidak terlalu sulit untuk dirawat. Anda hanya perlu menyiram tanaman buah delima 2 sampai 3 kali seminggu.

Buah delima juga bisa langsung dipetik setelah ditanam selama kurang lebih 2 bulan.

3. Tanaman Buah Murbei

Jika Anda ingin menanam tanaman buah murbei di pot, beli pohon murbei kerdil lalu pindahkan ke wadah besar.

Tetapi, ada hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan menanam murbei di pot. Buahnya yang matang dan berjatuhan bisa menodai lantai Anda.

Jadi sebaiknya murbei ditempatkan di dalam pot yang ditaruh di tanah.

4. Tanaman Buah Nanas

Ukuran pohon nanas terbilang kecil dengan tinggi sekitar 1 hingga 2 meter saja.

Nanas tumbuh kompak dan berukuran kecil, pohonnya tidak pernah tumbuh lebih dari 3 sampai 6 meter.

Akarnya pun pendek dibanding tanaman buah yang lainnya, sehingga memungkinkan untuk ditanam di dalam pot.

Cara menanamnya terbilang mudah. Potonglah mahkota nanas, lalu rendam ke dalam air selama 1 sampai 2 hari, setelah itu tanam di pot dan tempatkan di bawah sinar matahari.

Tanaman nanas sudah sepantasnya masuk ke dalam daftar tanaman buah-buahan yang bisa ditanam  di dalam pot atau wadah kecil.

5. Tanaman Buah Stroberi

Stroberi atau strawberry merupakan salah satu tanaman buah yang bisa tumbuh dalam pot kecil.

Buah dengan warna yang cantik dengan yang rasa yang enak ini bisa tumbuh dengan subur di dalam pot, stroberi juga diklaim sebagai tanaman yang cepat berbuah.

Yang perlu kamu perhatikan yakni ialah perawatannya, stroberi akan tumbuh dengan baik jika terkena sinar matahari setidaknya 6 hingga 8 jam sehari.

6. Tanaman Buah Tomat

Tanaman sayuran buah yang paling banyak ditanam di dalam pot ialah tomat. Tidak mengherankan jika tomat tumbuh dengan baik di dalam pot.

Jika Anda ingin mengonsumsi tomat segar sepanjang tahun, maka Anda dapat menanam tomat dengan mudah dalam pot berukuran apa saja, tergantung varietas tomat yang ingin Anda tanam.

Tomat membutuhkan penyangga atau ajir sebagai penopangnya agar tangkai tidak patah dan pohon tumbuh tegak.

7. Tanaman Buah Lemon

Lemon serta tanaman jeruk-jerukan lain bisa ditanam di dalam pot karena merupakan semak besar atau pohon kecil.

Sebaiknya gunakan pot tanah liat yang berpori dan bisa mengeluarkan air dari sisi-sisinya. Ini penting karena tanaman lemon tidak suka terendam air.

Pastikan pohon lemon terkena sinar matahari langsung dan terlindungi dari angin yang kencang.

Anda juga bisa mencangkok pohon lemon untuk mendapatkan lebih dari satu varietas citrus dari satu pohon.

Tidak hanya jeruk, lemon pun juga bisa tumbuh dengan baik jika ditanam dalam pot.

Lemon banyak dipilih karena buahnya yang atraktif, warnanya terang dan sekaligus bisa dikonsumsi menjadi jus segar.

8. Tanaman Buah Cabe

Cabe sangat mudah Anda dapatkan di pasar, akan tetapi jika bisa memetik buah cabe sendiri di halaman rumah, kenapa enggak?

Sama halnya dengan buah tomat, cabe juga bisa tumbuh dengan baik di dalam pot tanpa memerlukan ruang kebun yang terlalu luas.

Bahkan saat ini telah banyak ditemukan varietas cabe yang tumbuh pendek dengan berbagai bentuk dan warna buah yang menarik yang kita kenal sebagai ornamental pepper.

Selain ditanam untuk dijadikan tanaman hias, ornamental pepper ini juga bisa dikonsumsi lho!

9. Tanaman Buah Pisang

Cari tanaman pisang kerdil untuk ditanam di pot. Pastikan Anda menggunakan pot besar dengan lubang-lubang untuk mengeluarkan air sehingga pohon pisang tidak terendam air.

Sebagai tanaman tropis, pohon pisang menyukai sinar matahari, panas, dan kelembapan.

Karena merupakan tanaman menahun, Anda cukup menanamnya sekali saja. Pohon pisang di pot bisa memberikan nuansa tropis di rumah.

Menanam pisang dalam wadah sebelumnya telah populer terutama di kalangan penggemar tanaman tropis eksotis di kebun. Ada beberapa varietas tanaman pisang yang bisa tumbuh dengan baik di dalam pot.

Jenis pisang yang tumbuh pendek bisa tumbuh di mana saja dengan tinggi 2 hingga 4 meter.

Dan juga tanaman ini tidak memerlukan banyak perawatan dan tumbuh dengan sangat cepat.

10. Tanaman Buah Semangka

Semangka dapat tumbuh dalam pot, bahkan cara ini lebih mudah dalam perawatannya, keuntungan lainnya adalah menanam pada media pot dapat menghemat tempat.

Semangka lebih baik ditanam pada tempat yang cerah, buah semangka begitu segar jika dimakan terutama saat cuaca panas

Pohon semangka dalam pot bisa ditempatkan di luar maupun dalam ruangan. Pastikan tanamannya terkena sinar matahari setiap hari

Salah satu keuntungan menanam semangka dalam pot adalah bagian yang menjalar menjadi rapi dan tidak tumbuh memenuhi taman.

11. Tanaman Buah Melon

Menanam melon dalam pot, sama halnya dengan tanaman buah semangka, melon juga tergolong tanaman buah yang bisa ditanam di dalam pot.

Tanaman melon yang tumbuh merambat bisa dibiarkan menjulur ke samping pot ataupun disediakan sokongan sebagai tempat merambatnya.

Anda dapat memilih varietas melon yang buahnya kecil untuk ditanam di dalam pot yang berukuran kecil atau apabila Anda memang ingin menanam buah yang berukuran besar, pilihlah wadah atau pot yang cukup besar.

12. Tanaman Buah Jeruk Nipis

Jeruk nipis banyak ditanam karena memiliki banyak khasiat serta manfaat yang dibutuhkan oleh manusia.

Jika Anda menanamnya dalam pot, jangan lupa bibit disiram secara rutin dan lakukan pemupukan serta pembersihan tanaman dari hama karena jeruk nipis rawan terkena penyakit

13. Tanaman Buah Terong

Menanam terong dalam wadah atau pot sangatlah mudah. Ukuran pot yang digunakan setidaknya 12 cm supaya tanaman terong tumbuh dengan baik.

Sama halnya mentimun, terong juga memerlukan tiang penyangga atau ajir sebagai tempat menjalarnya buah.

14. Tanaman Buah Blueberry

Menanam Buah blueberry sebaiknya menggunakan pot yang berukuran besar, supaya tumbuh secara maksimal. Dan diberi tambahan pupuk untuk tanaman buah, yakni pupuk kandang atau pupuk kompos.

Buah blueberry memerlukan waktu panen lebih lama dibandingkan dengan buah yang lainnya, tetapi rasa manis dari buah blueberry dapat membayar jerih payah yang kita kerjakan.

Tanaman bluberry memang akan bertambah besar seiring dengan usianya, tetapi apabila dilakukan pemangkasan dan perawatan yang baik, maka tanaman blueberry bisa tumbuh pendek.

Pot atau wadah yang diperlukan ialah pot yang berukuran 50 cm dengan kedalaman pot 45 cm. Media tanam yang cocok untuk tanaman buah blueberry ini ialah cocopeat dengan campuran pupuk kompos.

15. Tanaman Buah Persik

Buah persik juga cocok jika ditanam di dalam pot karena tanaman buah persik bisa tumbuh maksimal dengan tinggi 6 kaki saja.

Buah persik memiliki daging yang berwarna kuning serta memiliki biji dibagian tengahnya.

Tanaman buah persik memiliki varietas yang tumbuh kerdil atau bisa dibilang pendek.

Sebagian besar dari tanaman buah persik ini memiliki pohon yang tingginya tidak melebihi 6 sampai 8 kaki.

Beberapa varietas tanaman persik dwarf ialah Golden Gem, Garden Gold, dan Southern Sweet, dan lainnya.

Banyak sekali manfaat dari buah persik, yang diantaranya bisa menurunkan berat badan, bisa membuat kulit sehat serta masih banyak manfaat yang lainnya dari buah persik

16. Tanaman Buah Tin

Buah Tin atau Ara adalah tanaman yang cocok tumbuh di daerah yang beriklim hangat.

Buah tin juga dapat ditanam pada media pot jika Anda mempunyai lahan yang terbatas.

Seperti yang sudah dikatakan tadi buah tin juga bisa tumbuh pada tempat yang hangat. Jadi pilihlah varietas yang tepat untuk ditanam dalam pot dan letakkan pada area yang cukup terpapar oleh sinar matahari.

Pemupukan dan perawatan juga diperlukan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal dari tanaman buah tin ini.

Pemangkasan secara rutin dan teratur juga diperlukan untuk memperoleh pertumbuhan tanaman buah tin yang sehat.

Dan juga tanaman buah tin ini mempunyai banyak manfaat.

17. Tanaman Buah Srikaya

Buah srikaya juga bisa ditanam pada wadah atau pot jika Anda rutin memangkas batang nya agar tetap pendek, tanaman ini juga mudah untuk perawatannya.

Tanaman srikaya merupakan tanaman yang bisa berbuah sepanjang tahun, srikaya juga dapat beradaptasi pada iklim serta tanah.

Jika Anda mencari tanaman yang bisa ditanam di dalam pot dan berbuah sepanjang tahun, maka Anda bisa mencoba menanam tanaman buah srikaya.

Srikaya tergolong tanaman perdu yang tinggi pohonnya berkisar antara 2 hingga 7 cm, jika dilakukan pemangkasan dan perawatan maka tinggi pohon pas untuk tanaman tabulampot.

18. Tanaman Buah Markisa

Pohon markisa termasuk dalam tanaman menahun, jadi Anda hanya perlu menanamnya sekali. Tanaman ini membutuhkan pot yang sangat besar karena tumbuh dengan cepat.

Letakkan pot di tempat yang terkena sinar matahari namun terlindungi. Jangan lupa siapkan teralis yang kuat untuk menahan buah yang berat nantinya.

19. Tanaman Buah Kiwi

Daftar macam macam tanaman buah yang terakhir ialah buah kiwi.

Tahukah Anda jika kiwi bisa ditanam dalam pot?

Terdapat beberapa jenis dari tanaman kiwi ini yang tanamannya tumbuh kerdil atau pendek. Akan tetapi, rasanya bahkan ada yang lebih segar dan lebih manis sehingga bisa ditanam di wadah kecil atau pot.

Dengan menanam tanaman buah kiwi di rumah, Anda tak perlu lagi membeli buah kiwi di supermarket maupun toko buah dengan harga yang mahal.

Terdapat varietas kiwi yang bisa tumbuh dengan pendek, ukuran buahnya lebih kecil tetapi bisa lebih manis.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Merawat Tanaman Buah dalam Pot

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menanam tanaman buah serta tips-tips merawatnya.

1. Faktor terbesar penyebab kegagalan menanam pohon di pot ialah drainase. Pastikan pot mempunyai lubang-lubang. Lubang-lubang tersebut sebagai pembuangan air, supaya tanaman tidak busuk terendam air di dalam wadah atau pot.

2. Tanaman yang ditanam di dalam pot membutuhkan jumlah air yang berbeda-beda. Jadi, jangan terlalu banyak menyiramkan air atau jangan pula kurang menyiraminya dengan air.

3. Berbeda dengan tanaman atau pohon yang ditanam di halaman, tanaman dalam pot tidak mempunyai akses ke nutrien. Anda perlu menyiramimya serta memupuknya lebih sering dibandingkan dengan tanaman di halaman.

4. Sesuaikan ukuran tanaman dengan pot. Jangan terlalu kecil atau jangan terlalu besar juga. Dan gantilah dengan pot yang lebih besar apabila tanaman mulai terlihat tidak muat lagi di pot lama.

5. Satu tanaman dalam satu pot akan menghasilkan lebih dari empat tanaman baru di dalam pot. Pastikan jika tanaman di dalam pot tidak terlalu rapat dengan memindahkan sebagian tanaman ke dalam pot yang baru.

6. Apabila salah satu tanaman di dalam pot menunjukkan tanda-tanda berpenyakit, karantinakan supaya tidak menular ke tanaman yang lainnya.

7. Beberapa tanaman bisa juga ditempatkan berdekatan, akan tetapi ada beberapa jenis pohon atau tanaman yang sebaiknya saling dijauhkan.

8. Serta cari tahu seberapa besar normalnya pohon yang Anda tanam. Jadi, Anda tahu apakah tanaman pot Anda kurang nutrisi maupun tidak tumbuh seperti pada umumnya.

 

Demikianlah daftar macam macam tanaman buah yang bisa tumbuh dengan baik meskipun ditanam di lahan terbatas.

Yang perlu Anda perhatikan dalam menanam tanaman buah dalam pot yaitu pilihlah varietas yang tepat yang bisa tumbuh subur di wilayah, daerah atau lingkungan Anda. Selain itu Anda juga bisa melakukan stek pada tanaman  buah.

Mungkin itu saja artikel tentang flora kali ini, jika ada informasi yang salah atau keliru kamu bisa komen dibawah.

Jangan lupa share ke teman, sahabat serta keluarga kamu, untuk menambah wawasan bercocok tanam atau mungkin membutuhkan informasi ini sebagai referensi untuk menanam buah dalam pot dirumah.

Semoga bermanfaat.

Tanaman Buah Apel

bangayas
2 min read

Pupuk Tanaman Buah

bangayas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!