Manfaat Vetsin Untuk Tanaman Buah

manfaat vetsin untuk tanaman buah

Vetsin atau penyedap rasa yang biasa disebut dengan micin, ternyata memiliki banyak manfaat bagi tanaman. Salah satunya yakni manfaat vetsin digunakan sebagai pupuk untuk tanaman buah.

Micin atau Monosodium Glutamate (MSG) yang biasa digunakan sebagai bahan penyedap atau penambah kelezatan makanan, supaya makanan yang dimasak tersebut lebih lezat dan juga nikmat.

MSG sendiri merupakan jenis garam natrium atau sodium yang berbentuk kristal dan terbuat dari asam glumate.

Selain bermanfaat sebagai penyedap rasa, micin juga berguna bagi tanaman.

Dimana, masyarakat awam menyebutnya sebagai penyedap makanan. Namun ternyata belum ada yang mengetahui bahwa manfaat vetsin untuk tanaman sayur dan buah-buahan sehari-hari.

Selain menyuburkan, micin juga bermanfaat untuk mencegah daun rontok, mempercepat tumbuhnya bunga, membuat daun hijau dan segar, serta memperkuat akar tanaman.

Irfan, pegiat tanaman dalam video tersebut mengatakan, terdapat kandungan micin yang berpengaruh untuk kesuburan tanaman.

Kandungan Yang Ada Di Dalam Vetsin

Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui tentang kandungan pada vetsin, sebelum mengenal manfaat vetsin untuk tanaman.

Diantaranya adalah jika Monosodium Glutamat yang berbentuk kristal tersebut adalah jenis pupuk alami yang mengandung banyak komposisi. Yang baik bagi pertumbuhan tanaman terutama sayuran dan buah-buahan, diantaranya adalah Na, C, N, O, dan H.

Dan semua vetsin itu berguna dalam membuat tanaman menjadi subur dan sehat. Terutama bagi tanaman buah-buahan sendiri, vetsin berguna dalam meningkatkan jumlah buah agar pohon tersebut dapat berbuah sangat lebat.

Sementara pada sayuran, adalah agar daun sayuran memiliki warna yang lebih hijau dan segar. Dan mempunyai bayak nutrisi lainnya tersimpan.

Manfaat Vetsin Untuk Tanaman Buah

Alasan sederhana mengapa vetsin atau micin digunakan sebagi pupuk untuk tanaman. Terutama bagi tanaman buah-buahan dan sayuran ialah karena kandungan manfaat yang sangat banyak pada vetsin tersebut.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh tanaman dari vetsin tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Vetsin Mengandung Natarium Atau Na

Manfaat vetsin untuk tanaman buah yang pertama ialah karena mengandung unsur baik berupa natrium atau Na. Natrium baik dalam menjaga pertumbuhan pada tanaman sehingga mengalami perkembangan gizi yang seimbang dan tingkat kesuburan.

Seperti daunnya yang lebat, buah yang banyak, dan tidak terserang macam-macam penyakit hama yang berbahaya bagi pertumbuhan tanaman tersebut.

2. Meningkatkan Kadar Air Tanaman

Micin atau MSG dapat mencegah tanaman kekurangan air hal tersebut karena kandungan senyawa natrium yang terkandung di dalam micin.

3. Pupuk Dari Vetsin Ramah Lingkungan

Manfaat selanjutnya yang terdapat pada micin atau vetsin sehingga baik bagi pertumbuhan tanaman sayuran dan buah-buahan, ialah karena pupuk vetsin ini sangat aman dan ramah bagi lingkungan sekitar.

Terutama dan yang paling penting ialah, karena tidak menimbulkan efek negatif bagi lingkungan sekitar. Juga, tidak menimbulkan polusi yang merusak bagi tanah dan lingkungan sekitar.

Micin atau vetsin yang berbentuk kristal bila dilarutkan dengan air maka tidak akan mengubah warna tanah sama sekali.

Tanaman yang dipupuk dengan micin akan tampak sehat, segar dan berdaun lebat. Hal ini dikarena adanya senyawa C, H, O dan Na yang terkandung pada micin tersebut.

4. Mempercepat Dan Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Manfaat vetsin bagi tumbuhan yang ketiga ialah mampu mempercepat masa pertumbuhan pada tanaman sehingga tidak membutuhkan waktu lama agar tanaman tersebut tumbuh dan berbunga.

Senyawa nitrogen yang terkandung di dalam micin juga bermanfaat sebagai perangsang pertumbuhan daun, cabang, serta batang tanaman.

Waktu terbaik untuk memberikan micin ialah pada waktu tanaman berusia dua minggu tanam.

Apabila tanaman sudah berbuah lalu diberi micin, hal tersebut akan berpengaruh pada rasa buah. Yang berakibat, rasa buah akan menjadi sedikit gurih dan menjadi kurang segar.

5. Mempercepat Pembungaan Tanaman Dan Pergantian Bunga Berjalan Seimbang

Micin dapat membantu mempercepat proses pembungaan, terutama pada tanaman sayur dan tanaman hias. Manfaat micin untuk tanaman hias dan bunga ini dipengaruhi oleh senyawa natrium yang terdapat di dalam micin.

Jika bunga yang tumbuh pada suatu tanaman jumlahnya banyak, buahnya pun akan banyak. Sebagai catatan, pemberian micin pada tanaman tidak disarankan pada tanaman yang sedang berbuah.

Pupuk vetsin juga berguna untuk pergantian pada bunga tanaman tersebut supaya berjalan seimbang.

Tidak membutuhkan waktu yang lama sampai berbulan-bulan lamanya. Tetapi hasil buahnya juga bagus, berkualitas, segar dan enak sekali untuk dinikmati.

6. Tanaman Tidak Cepat Mati Dan Lebih Tahan Penyakit

Manfaat vetsin yang terakhir yang bisa didapatkan dari pupuk vetsin ini ialah tanaman yang ditanam tersebut akan subur dan tidak cepat busuk pada daun, buah, dan batangnya.

Kalium yang terdapat di dalam micin memiliki manfaat untuk meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit.

Selain itu, kalium dalam micin juga dapat mengatur pembukaan dan penutupan stomata, meningkatkan fotosintesis dan metabolisme tanaman.

Efek Samping Penggunaan Vetsin Pada Tanaman

Penggunaan vetsin sebagai pupuk harus tetap diwaspadai, bila tak ingin tanaman mati setelah diberi vetsin. Nah, untuk itu perhatikan hal-hal berikut dibawah :

1. Penggunaan Yang Terlalu Banyak

Terlalu banyak memberikan vetsin bisa menyebabkan tanaman overdosis yang bisa membuatnya layu dan akhirnya mati.

2. Mengubah Rasa Sayur Dan Buah

Vetsin memang dapat diberikan ke semua jenis tanaman, buah-buahan, sayuran serta tanaman hias.

Tetapi berbagai sumber mengatakan bahwa penggunaan MSG bisa mengubah rasa sayur dan buah, rasanya jadi kurang segar dan cenderung gurih.

Hal ini karena adanya kandungan asam glutamat yang meresap ke dalam tanaman.

3. Bunga Yang Cepat Rontok

Penggunaan Vetsin yang terlalu banyak bisa membuat bunga tumbuh banyak akan tetapi cepat rontok.

Apabila pemberiannya kurang, maka akan membuat kurangnya pertumbuhan bunga, dan justru tunas baru yang akan tumbuh.

Hal yang perlu diperhatikan yakni vetsin berperan sebagai katalisator atau mempercepat proses pembungaan tanaman.

4. Pemberian Vetsin Sesuai Umur Tanaman

Hal ini dilakukan untuk mencari tahu bagaimana dosis atau penggunaan yang tepat dalam memberikan vetsin. Jangan menggunakan pada tanaman yang baru dipindahkan.

Bila tanaman baru saja dipindahkan ke media tanam baru, sebaiknya tunda pemberian vetsin hingga 1 minggu kemudian.

Untuk tanaman buah, jika sudah berbunga kurangi dosis pemberian vetsin dan beri pupuk pendamping.

Cara Membuat Dan Memberikan Pupuk Dari Vetsin

Nah, bagi kamu yang ingin membuat pupuk dari vetsin untuk tanaman-tanaman kamu dibawah ini caranya, jadi gak hanya mengetahui apa saja manfaat-manfaat yang didapatkan dari pupuk vetsin tersebut. Tetapi alangkah lebih baik juga harus paham cara membuat pupuk vetsin yang benar dan tepat. Yaitu :

1. Cara Disiram

Untuk cara disiram, siapkan ember, air 1 sampai 2 liter, gelas kecil berukuran 250 cc dan juga micin.

Untuk takaran penggunaanya, 1 liter air di ember bisa dicampurkan 5 gram hingga 6 gram micin. Untuk penggunaan 2 liter bisa mencampurkan 12 gram micin atau sekitar 1 sendok makan tetapi tidak penuh.

Setelah itu, larutkan micin dan air sampai merata. Ambil larutan air micin yang ada di ember sebanyak setengah gelas lalu siramkan ke bagian media tanam. Lakukan penyiraman di pagi hari.

Metode disiram ini dapat dilakukan pada tanaman seperti terong, tomat serta tanaman bunga hias serta tanaman lainnya.

2. Cara Disemprot

Untuk cara disemprot, siapkan alat penyemprot tanaman yang berukuran 2 liter atau lebih, 2 liter air serta micin.

Masukkan 2 liter air ke dalam alat penyemprot tanaman tadi. Setelah itu, masukkan micin sebanyak 8 gram atau sekitar setengah sendok makan lebih. Lalu, larutkan air dan micin hingga merata.

Setelah larut hingga merata, semprotkan larutan air dan micin tadi pada tanaman yang belum mempunyai bunga dan buah.

Untuk melakukan cara penyemprotan ke tanaman bisa dilakukan 5 hari sekali serta dilakukan secara rutin. Dan lakukan penyemprotan tanaman menggunakan larutan micin di pagi hari.

 

Dalam mengaplikasikan micin ke tanaman, tidak disarankan untuk memberikan micin secara langsung ke tanaman. Apabila cara ini kamu lakukan, hal itu malah tidak baik bagi tanaman dan tidak menjadikan tanaman tersebut subur.

Mungkin sekian untuk artikel tentang manfaat-manfaat vetsin untuk tanaman buah dan sayurannya. Jika ada yang salah ataupun keliru untuk informasi diatas, kamu bisa komen dibawah.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-teman maupun keluarga kalian sebagai wawasan tambahan, semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!