Pengertian Lempar Cakram

pengertian lempar cakram

Pengertian lempar cakram – Di negara Indonesia olahraga lempar cakram ini kurang banyak peminatnya. Di Indonesia mungkin olahraga ini jarang sekali kalian lihat atau kalian mainkan karena kurangnya peminat tadi.

Tapi sebagian dari kalian yang belum tau mungkin pernah bertanya-tanya, apa sih permainan lempar cakram itu? Dan ada juga yang bertanya apa sih perngertian lempar cakram itu? Atau apa sih yang dimaksud dengan cakram dalam olahraga lempar cakram?

Nah, untuk itu kali kita akan membahas tentang pengertian dari olahraga atau permainan tersebut.

Apalagi untuk kalian yang minat bermain lempar cakram. Walaupun terlihat sepele namun ga ada salahnya jika kalian mengetahuinya.

Simak dibawah ini penjelasan tentang pengertian dan peraturan dari permainan lempar cakram.

Pengertian Lempar Cakram

Lempar cakram dalam bahasa Inggris disebut dengan discus throw. Olahraga lempar cakram ini merupakan salah satu dari cabang olahraga atletik nomor lempar.

Yang dimana sang pelempar atau sang atlet perlu melemparkan cakram maksimal sebanyak 3 kali dalam setiap pertandingan. Untuk memperoleh jarak lempar terjauh pada lapangan khusus lempar cakram dengan peraturan-peraturan yang berlaku.

Jika dari kalian ada yang bertanya, apa sih cakram itu?

Cakram itu merupakan benda yang berbentuk piring yang memiliki bingkai yang terbuat dari sabuk besi, atau yang terbuat dari bahan lain yang bundar pipih dan dapat dilemparkan.

Nah, untuk bentuk dari cakram ini mungkin kalian bisa membayangkannya seperti pesawat ufo yang mempunyai bentuk piringan terbang. Kira-kira seperti itu bentuk dari benda yang bernama cakram untuk olahraga lempar cakram.

Akan tetapi, jangan kalian bayangkan besar dari cakram tersebut layaknya sebesar pesawat ufo, melainkan dengan ukuran yang lebih kecilnya.

Peraturan Olahraga Lempar Cakram

Jika tadi kita sudah membahas pengertian lempar cakram untuk selanjutnya yang akan kita bahas ialah peraturannya.

Setiap olahraga atau suatu permainan pastinya memiliki peraturan tersendiri, begitu pula dengan olahraga lempar cakram ini.

Aturan tersebut perlu diketahui dan dipahami terutama bagi kamu yang ingin menjadi atlet lempar cakram. Peraturan tersebut mencakup tentang sarana dan prasarana, peran juri dan wasit, serta beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dan jika dilakukan bisa menjadi pelanggaran.

Nah, untuk mengetahui apa saja peratura-peraturannnya simak dibawah ini :

Peraturan Lapangan

Untuk ukuran lapangan sudah ditentukan dan berikut dibawah ini bisa dilihat seperti apa lapangan lempar cakram yang dianggap sah untuk diselenggarakannya pertandingan.

  • Lingkaran tempat untuk melemparkan cakram harus mempunyai diameter 2,5 meter. Terutama pada pertandingan resmi.
  • Lingkaran tempat untuk melempar cakram harus terbuat dari baja atau metal.
  • Permukaan lantai tempat melempar cakram tidak licin dan harus datar.
  • Mempunyai pagar atau sangkar kawat yang mengelilingi lingkaran tempat lemparan untuk menjamin keselamatan penonton, peserta, dan petugas.

Peraturan Untuk Cakram

Untuk peraturan berat serta ukuran cakram yang digunakan dalam pertandingan harus mempunyai nilai standar resmi.

Secara resmi, ada ukuran dan juga berat yang harus diikuti jika ingin megikuti atau menyelenggarakan pertandingan lempar cakram. Dibawah ini apa saja peraturan untuk cakram, mari simak penjelasannya:

  • Bahan cakram yang dipergunakan untuk pertandingan ialah yang terbuat dari kayu dan sejenisnya, tapi bingkai tetap terbuat dari metal.
  • Bingkai pada cakram mempunyai bentuk lingkaran penuh dan pada bagian tengah cakram terdapat beban yang bisa di lepas dan pindahkan.
  • Garis tengah pada cakram umumnya mempunyai uukuran 220 mm.

Peraturan Bermain

  • Pelempar cakram wajib untuk memulai dari sikap berdiri serta siap di dalam lingkaran. Peserta juga tidak diperbolehkan untuk menginjak garis lingkaran dan meninggalkan lingkaran sebelum posisi berdirinya dianggap sah lewat setengah lingkaran bagian dalam oleh juri.
  • Pengukuran lemparan cakram akan dilakukan dengan lemparan yang ditarik dengan sumber dari bekas tempat jatuhnya cakram pas di mana paling dekat dengan tepi pada balok.

Jadi bagaimana? apakah kamu sudah mengerti dan paham dengan pengertian dan peraturan yang ada dari olahraga lempar cakram?

Mungkin itu saja untuk artikel tentang pengertian dan peraturan permainan lempar cakram ini, jangan lupa juga untuk di share ke teman teman kalian, akhir kata semoga bermanfaat.