Tanaman Buah Apel

tanaman buah apel

Tanaman buah apel – Tanaman apel ini merupakan salah satu tanaman yang dapat menghasilkan buah dan bisa di konsumsi atau dimakan.

Tanaman apel ini termasuk ke dalam jenis tanaman buah di dataran tinggi. Buah apel mempunyai warna serta bentuk yang bermacam-macam. Umumnya, buah apel mempunyai warna yang merah di bagian kulitnya ketika sudah matang serta dagingnya berwarna putih.

Selain berwarna merah, buah apel juga mempunyai warna kulit yang berwarna kuning dan juga hijau. Kulit buah apel agak lembek serta daging buahnya lumayan keras.

Daging buah apel terasa manis dan mempunyai beberapa biji di dalam buahnya.

Buah apel mempunyai nama ilmiah yakni Malus domestica. Dan merupakan turunan dari Malus sieversii dari Asia Tengah yang masih disebut dengan apel liar atau apel hutan.

Tanaman buah apel pertama kali ditanam dan juga dibudidayakan di wilayah Asia Tengah, dan terus berkembang ke daerah atau negara yang mempunyai suhu udara yang dingin.

Dan sekarang tanaman buah ini sudah berkembang dan menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia termasuk di negara Indonesia.

Nah, untuk memperbanyak atau cara membudidayakan pohon apel, ternyata juga bisa dilakukan dengan cara stek tanaman buah.

Hampir semua buah apel bisa langsung dikonsumsi tanpa harus melalui proses memasak, baik saat apel tersebut masih mentah maupun sudah matang di pohonnya.

Selain dikonsumsi langsung, buah apel juga sering dijadikan sebagai bahan tambahan makanan. Selain itu, Apel juga sering dibuat ke dalam bentuk minuman atau jus.

Berikut dibawah ini informasi mengenai tanaman buah apel serta manfaat-manfaat yang bisa kita dapat.

1. Morfologi Tanaman Buah Apel

Tanaman buah apel mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar dengan daunnya yang berjenis daun gugur.  Tinggi pohon apel bisa mencapai 3 sampai 12 meter dengan rating dan batangnya yang melebar dan lebat.

Daun dari tanaman buah apel berbentuk lonjong dan panjangnya sekitar 5 sampai 12 cm dengan lebar sekitar 3 sampai 6 cm. Bunga dari tanaman apel mekar pada musim semi, bersamaan dengan percambahan daun.

Bunganya putih dengan baur merah jambu yang berangsur pudar. Pada bunganya, terdapat lima kelopak, dan mencapai diameter 2,5 sampai 3,5 cm.

Sedangkan buah apel matang pada musim gugur dan biasanya berdiameter 5 hingga 9 cm. Inti buah apel mempunyai lima gynoecium yang tersusun seperti bintang lima mata, masing-masing berisi satu hingga tiga biji.

2. Perbedaan Apel Merah Dan Apel Hijau

Mungkin sebagian dari kita bertanya tentang, apa sih perbedaan antara buah apel hijau dan apel merah? Pada dasarnya, kedua jenis apel ini mempunyai kandungan nutrisi yang serupa. Namun jumlah nutrisinya sedikit berbeda.

Apel merah menyimpan banyak antosianin sampai lima kali lebih banyak daripada apel hijau seperti Granny Smiths.

Antosianin merupakan pigmen yang menjadikan kulit apel berwarna lebih gelap. Pigmen antosianin ini menawarkan manfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol.

Walau nutrisinya sama, apel merah jenis Red Delicious punya komposisi serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan vitamin K yang sedikit lebih banyak dibandingkan apel hijau.

Sedangkan, apel hijau Granny Smiths mempunyai vitamin A yang sedikit lebih banyak. Terlepas dari itu semua, yang menyamakan apel hijau dan apel merah serta varian apel lainnya adalah kadar antioksidan yang begitu tinggi.

3. Manfaat Dari Buah Apel

Buah apel sendiri ternyata mempunyai banyak sekali khasiat serta manfaat terutama untuk kesehatan tubuh manusia.

Buah apel juga mengadung vitamin C dan kandungan senyawa antioksidan yang sangat banyak. Serat dari buah apel terutama apel merah baik bagi kesehatan jantung serta dapat menurunkan kolesterol.

Selain itu, buah apel sering dibuat menjadi olahan jus yang tentunya mempunyai manfaat bagi kesehatan. Manfaat buah apel diantara lain ialah sebagai berikut:

  1. Melindungi funsi jantung
  2. Menjaga kesehatan otak
  3. Merawat Kulit dengan Bagus
  4. Membantu menurunkan berat badan
  5. Mengontrol diabetes
  6. Membantu pencernaan dan kesehatan usus
  7. Menyehatkan Mata
  8. Meredakan gejala asma
  9. Mencegah kanker
  10. Memperkuat tulang dan gigi
  11. Mendukung sistem imun
  12. Menurunkan tingkar kolesterol dan tekanan darah tinggi

 

Buah apel sendiri tidak mengandung zat yang buruk bagi tubuh. Biji apel sebenarnya sedikit beracun sebab mengadung sedikit zat amigdalin yang sejenis dengan zat glikosida sianogen.

Tetapi zat tersebut tidak berbahaya atau berpengaruh terhadap manusia ataupun hewan besar.

Buat kamu yang ingin diet serta menginginkan tubuh yang ideal, buah apel menjadi pilihan yang tepat bagi kiamu untuk dikonsumsi.

Dengan banyaknya manfaat dari buah apel diatas, kita bisa atau rutin untuk mengkonsumsi buah apel baik itu apel merah, hijau maupun jenis apel yang lainnya.

Nah, mungkin itu saja seputar tanaman buah apel. Kalau ada kesalahan atau kekeliruan untuk informasi diatas kamu bisa komen di bawah ya….

Jangan lupa juga untuk share artikel ini untuk ke teman-teman atau keluarga kamu sebagai penambah wawasan, semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!