Tanaman Buah Dataran Rendah

tanaman buah dataran rendah

Mungkin diantara kalian ada yang ingin bercocok tanam tanaman buah-buahan. Dan mungkin bertanya apa saja sih tanaman buah yang cocok di dataran rendah?

Setelah yang sebelumnya kita sudah membahas tanaman buah daerah dataran tinggi,  kali kali ini kita akan membahas tentang tanaman buah yang cocok dengan daerah dataran rendah.

Sebenarnya buah untuk dataran rendah sangat banyak sekali dan tentunya sangat mudah dalam pembudidayaannya.

Walaupun begitu kamu harus memperhatikan bagaimana jenis dan sifat tanaman buah yang sesuai di dataran rendah.

Dan jika kamu belum tahu jenis tanaman buah seperti apa yang cocok ditanam di daerah dataran rendah maka perlu bagi kamu untuk membaca artikel ini sebagai referensi.

Berikut dibawah ini tanaman buah-buahan yang cocok untuk ditanam di daerah dataran rendah.

Tanaman Buah Mangga

Yang pertama yakni buah mangga. Mangga merupakan buah dataran rendah yang sudah sangat umum dan bahkan sering kali kita jumpai.

Tanaman buah mangga juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat indonesia.

Biasanya tanaman pohon buah mangga ini bisa ditemukan pada pekarangan rumah atau tabulampot dan bahkan dijadikan sebagai usaha.

Buah mangga mempunyai keunggulan pada perawatan tanaman yang tergolong mudah. Buah mangga ini mempunyai banyak jenis, dan beberapa jenis tersebut diantara lain ialah.

1. Mangga Golek

Mangga Golek, tanaman buah mangga Golek memiliki bentuk fisik pohon yang kecil dan juga tak begitu tinggi. Lalu mempunyai tajuk yang buIat.

Bentuk daunnya Ionjong dan bagian pangkalnya runcing serta bagian ujungnya seperti mata tombak. Tepi daun juga bergelombang dan pada permukaan kulit mangga golek ini terdapat bintik putih pada saat buah masih muda dan ketika buah telah masak. Lalu bintik tadi akan berubah menjadi coklat.

Tanaman Mangga golek ini mempunyai daging buah yang berwarna kuning tua dan rasanya sangat manis dan terdapat aroma yang sangat harum.

2. Mangga Arumanis

Mangga Arumanis, tanaman buah mangga arumanis yang juga memiliki aroma harum serta rasa yang begitu manis.

Jenis mangga ini mempunyai bentuk bentuk fisik pohon dengan yang  tinggi kurang lebih 9 meter dan mepunyai daun yang sangat lebat.

Untuk bentuk daunnya berukuran besar dan memanjang. Pada permukaan kulit buah terdapat lapisan Iilin yang membuat fisik buah ini tampak kelabu.

3. Mangga Manalagi

Mangga Manalagi, tanaman buah mangga manalagi mempunyai rasa yang manis, segar, serta terdapat aroma harum.

Buah mangga manalagi ini tetap terasa manis walaupun buahnya belum matang sehingga banyak juga yang mengonsumsinya saat belum matang atau setengah matang.

Tanaman Buah Rambutan

Tanaman buah dataran rendah yang selanjutnya ialah rambutan. Sama seperti tanaman buah mangga, buah ini sudah biasa terlihat dipekarangan rumah.

Tanaman buah rambutan ini tidaklah sulit untuk dibudidayakan, sebab kita sudah sering menjumpainya di pekarangan rumah-rumah. Yang berarti tidaklah sulit untuk di budidayakan.

Buah rambutan biasanya diolah menjadi makanan. minuman, manisan. dan lain sebagainya.

Buah rambutan ini mempunyai banyak jenis berikut dibawah ini jenis-jenis tanaman buah rambutan.

1. Rambutan Rapiah

Jenis rambutan rapiah ini mempunyai warna yang sedikit hijau, sedikit kuning, serta sedikit merah. Bentuk rambutnya sangat pendek dan juga kasar lalu untuk fisiknya tidak menarik namun rasa daging buahnya manis, tebal, dan kenyal.

2. Rambutan Binjai

Jenis rambutan binjai memiliki warna merah tua dan yang hampir terlihat seperti merah darah. untuk bagian rambutnya sangat jarang serta berukuran panjang lalu untuk daging buahnya terasa manis dan juga bertekstur tebal dan kenyal.

3. Rambutan Narmada

Jenis rambutan narmada ini mempunyai warna yang terang yakni warna kuning agak kemerahan. Untuk bentuk daging buahnya tidak lembek, kenyal, dan rasanya juga manis. Jenis buah rambutan ini berasal dari Lombok.

Tanaman Buah Jambu

Buah jambu merupakan salah satu jenis tanaman buah yang cocok ditanam di daerah dataran rendah dan dapat dibudidayakan dengan baik.

Buah ini banyak diolah menjadi berbagai macam olahan makanan dan minuman serta dapat dijadikan sumber vitamin yang baik bagi tubuh.

Buah jambu ini juga biasa kita jumpai di pekarangan rumah yang  menandakan bahwa buah jambu ini tidaklah sulit dalam merawatnya.

Khasiat dari buah jambu ini juga banyak. Bagi kamu yang berada di dataran rendah dapat yang ingin menanam tanaman buah, kamu bisa memulainya dengan menanam buah jambu ini.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam menanam buah jambu ini yaitu lahan, bibit unggul, dan perawatan yang tepat hingga proses panen tiba.

Tanaman Buah Nanas

Nanas juga merupakan tanaman buah yang bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah. Buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini dapat tumbuh subur di dataran rendah.

Buah ini juga dapat diolah menjadi beberapa olahan seperti selai, dan makanan serta minuman.

Proses penanaman hingga perawatannya dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Tanaman Buah Sirsak

Jenis tanaman buah dataran rendah yang selanjutnya ialah buah sirsak. Buah yang mempunyai daging berwarna putih yang berbiji hitam ini rupanya mempunyai khasiat yang sangat besar yakni dapat mencegah terjadinya kanker dan penyakit lainnya.

Oleh karena itu, banyak sekali produk produk obat-obatan herbal yang dibuat dari bahan dasar sirsak ini baik mulai dari daun, kulit, buah, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang tinggal di dataran rendah maka tak ada salahnya untuk mencoba membudidayakan buah sirsak ini. Cara penanaman serta perawatannya pun dapat dilakukan dengan sangat mudah.

 

Mungkin itu saja beberapa contoh tanaman-tanaman buah yang cocok serta mudah dibudidayakan untuk daerah dataran rendah.

Sebenarnya banyak sekali tanaman buah yang cocok serta mudah dalam membudidayakannya di daerah dataran rendah.

Walaupun begitu, tak banyak dari tanaman buah yang dulunya sering kita lihat dan sekarang tanaman buah tersebut menjadi tanaman buah yang langka, dan sudah jarang kita lihat.

Jika ada kesalahan atau kekeliruan untuk informasi diatas kamu bisa komen di bawah ya…

Dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman ataupun keluarga yang sedang mencari referensi tanaman buah apa yang cocok dengan daerah dataran rendah.

Tanaman Buah Apel

bangayas
2 min read

Pupuk Tanaman Buah

bangayas
2 min read

Tanaman Buah Dataran Tinggi

bangayas
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!