Tanaman Buah Dataran Tinggi

tanaman buah dataran rendah

Nah kali ini bangayas akan membahas tentang tanaman buah yang cocok di dataran tinggi. Tanaman buah tesebut memang jenis tanaman buah yang tetap bisa hidup serta berkembang dengan normal walau minim terkena sinar matahari.

Namun apa saja sih tanaman buah yang dapat tumbuh subur di tempat teduh? Selain tanaman buah-buahan ada juga beragam tanaman sayuran yang dapat tumbuh dan berkembang di suhu yang sejuk.

Jika kondisi lingkungan sesuai dengan karakteristik tanaman buahnya, maka tanaman buah akan berbuah secara terus menerus.

Jadi kamu harus memahami dan teliti dalam memilih bibit buah. Jangan sampai kamu sudah banyak menghabiskan waktu untuk merawat tanaman tersebut, namun setelah lama menanti tanaman tidak juga berbuah.

Contoh seperti jenis tanaman buah yg cocok di daerah panas kamu tanam di lingkungan daerah yang sejuk. Maka pertumbuhannya tidak akan optimal, walau bisa tumbuh tetapi tidak dapat berbuah.

Tak sembarang buah sanggup untuk ditanam pada dataran tinggi karena setiap tanaman buah mempunyai karakteristiknya sendiri.

Nah, dibawah ini bangayas sudah merangkum dari berbagai sumber, apa saja tanaman yang dapat berbuah atau cocok untuk tempat yang teduh atau sejuk. Yuk, simak apa saja tanaman buah-buahannya.

1. Tanaman Buah Stroberi

Walaupun ada kemungkinan menanam strawberry di daratan rendah bisa dilakukan. Buah tersebut juga mempunyai banyak manfaat baik bagi tubuh.

Karena memang tumbuh kembangnya berada di dataran tinggi, maka tidak heran jika Anda menjumpainya banyak di pegunungan.

Strawberry merupakan tanaman buah yang sanggup tumbuh optimal bersama dengan curah hujan 700 mm/tahun. Dengan penyinaran matahari 9 jam/hari.

Stroberi terkenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Stroberi juga bisa dimanfaatkan bahan makanan. Contohnya seperti selai, jus, hiasan kue, dan jenis makanan serta minuman lainnya.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan bila kamu ingin membudidayakan tanaman buah dataran tinggi ini.

Yang pertama, yakni perhatikan lahan tanam serta media tanamnya lalu perhatikan keunggulan bibit yang akan ditanam. Dan kemudian baru memperhatikan tehnik perawatannya yang harus dilakukan secara tepat.

Walaupun stroberi dikenal sebagai tanaman buah yang hidup di dataran tinggi. Akan tetapi jika menggunakan cara hidroponik, stroberi dapat ditanam di daratan rendah.

2. Tanaman Buah Pepaya

Jenis buah yang dapat tumbuh di dataran tinggi berikutnya ialah buah pepaya. Buah ini memang dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Jadi tidak ada salahnya bila kmau yang tinggal di dataran tinggi juga membudidayakan tanaman buah pepaya ini. Tanaman pepaya ini juga disebut sebagai tanaman perdu yang dapat tumbuh sampai dengan ketinggian hingga 3 meter.

Adapun batang pepaya ini punya wujud yang berongga dan jaringannya lebih lunak serta berair. Tanaman ini berakar tunggang dan pada anggota sampingnya berakar lunak.

Adapun batang pepaya ini memiliki bentuk yang berongga serta jaringannya lebih lunak dan berair.

Tanaman ini berakar tunggang dan pada bagian sampingnya berakar lunak. Tanaman pepaya ini akan memunculkan bunga pada bagian ketiak daun dan bunga ini masih dibedakan menjadi 3 jenis. Yakni bunga betina, bunga jantan, serta bunga sempurna.

Dikatakan bunga sempurna apabila dihasilkan dari persilangan bunga betina dan juga bunga jantan.

Buah pepaya ini sangat banyak digemari oleh orang-orang akan khasiat dan manfaatnya yang begitu banyak serta baik untuk kesehatan.

3. Tanaman Buah Salak

Salak juga merupakan tanaman buah yang dapat tumbuh di dataran tinggi. Buah salak ini mempunyai tekstur kulit yang keras serta tipis juga berduri.

Bagian daging buahnya berwarna putih agak kekuningan dan teksturnya keras. Untuk rasanya ada yang terlalu manis dan ada juga yang masam.

Salak dapat dibudidayakan melalui beberapa teknik. Yakni dengan melakukan perkawinan silang dan dapat juga ditanam dengan biji.

Buah salak bisa diolah menjadi beberapa macam olahan segar seperti manisan, es buah, salad, dan lain sebagainya. Dikonsumsi secara langsung pun juga nikmat.

4. Tanaman Buah Apel

Tanaman buah dataran tinggi berikutnya ialah tanaman buah apel. Di Indonesia, tanaman buah apel yang paling terkenal ialah apel Malang yang terletak di kota daerah Batu, Malang, Jawa Timur.

Cara membudidayakan buah apel dibagi menjadi 2 cara yakni, dengan menanam apel dari biji dan bisa juga dengan cara menggunakan metode stek.

Bila menanam buah apel dengan memanfaatkan biji maka kamu perlu memperhatikan dan benar-benar menggunakan biji atau bibit yang unggul.

Dan apabila kamu menggunakan metode stek maka kamu harus memilih batang dari pohon apel yang sehat dan berkualitas. Supaya hasil buahnya nanti juga berkualitas seperti induknya.

Jika kamu tinggal di daerah dataran tinggi maka tepat sekali untuk kamu mencoba membudidayakan buah apel ini.

5. Tanaman Buah Pir

Tanaman buah untuk datarang tinggi yang terakhir ialah tanaman buah pir. Tanaman buah pir juga merupakan jenis tanaman buah yang dapat tumbuh di dataran tinggi.

Rasa dari buah pir ini sangat segar serta buah pir ini juga berair. Kandungan air tersebut dapat mengatasi penyakit hipertensi.

Karena manfaat akan buah pir ini sangat banyak bagi kesehatan tubuh maka kamu bisa mencobanya untuk membudidayakan tanaman buah pir ini di dataran tinggi.

 

Nah, mungkin itu saja tanaman buah buahan yang dapat tumbuh di tempat sejuk atau teduh. Kalau ada kesalahan atau kekeliruan penulisan kata atau informasi kamu bisa komen dibawah.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-teman atau keluarga kamu. Yang mungkin sedang mencari tahu tanaman apa saja yang dapat berkembang di tempat teduh. Sekalian untuk menambah wawasan kalian, semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!