Sejarah Permainan Rounders

sejarah permainan rounders

Bagaimana sejarah olahraga rounders? Bagaimana awal mula sejarah permainan rounders di dunia? Bagaimana awal mula sejarah permainan rounders di Indonesia?

Di artikel kali ini bangayas akan membahas dan juga akan di jelaskan bagaimana sejarah permainan rounders.

Rounders merupakan permainan bat-and-ball yang dimainkan oleh dua tim, regu atau kelompok.

Rounders merupakan permainan tim yang menyerang dan tangkas yang melibatkan memukul bola kecil, keras, berlapis kulit dengan menggunakan tongkat plastik, tongkat kayu, ataupun tongkat logam yang ujungnya bulat.

Rounders merupakan permainan atau olahraga yang gaya permainannya hampir mirip dengan permainan kasti, baseball dan softball.

Rounders termasuk ke dalam permainan bola kecil seperti kasti, baseball ataupun softball sesuai dengan ukuran bola yang di gunakan dalam permainan.

Permainan ini juga membutuhkan kerja sama dan kekompakkan antara para pemain dalam sebuah tim.

Di dalam permainan rounders, setiap tim terdiri dari sembilan orang pemain.

Untuk bisa bermain rounders kamu perlu mengetahui dan menguasai teknik memukul bola, menangkap bola, melempar bola dan menghindar dari terkena bola.

Untuk mengetahui lebih lanjut teknik-teknik dasar yang ada dalam permainan rounders, kamu bisa baca disini.

Dengan mengetahui dan menguasai teknik bermain rounders. Maka pemain dan tim akan jadi lebih mudah untuk menguasai jalannya permainan supaya meraih sebuah kemenangan.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu mengetahui tentang ukuran lapangan permainan rounders agar lebih mengerti jika suatu saat kamu ingin bermain rounders.

Langsung aja simak pembahasannya dibawah ini.

Sejarah Permainan Rounders

Permainan rounders sudah ada atau sudah di mainkan di Inggris sejak jaman tudor, dikutip dari referensi awal pada tahun 1744 di dalam buku anak anak A little pretty pocket book, dimana itu disebut “dasar bola” oleh John Newberry.

Kemudian pada tahun 1828, William Clarke seorang yang berasal dari London menerbitkan edisi kedua the boys own book.

Buku tersebut mencakup aturan permainan ini dan juga di cetak pertama kali dalam deskripsi bahasa inggris tentang permainan bat-and-ball yang dimainkan di atas lapangan rounders.

Dan pada tahun berikutnya buku itu di terbitkan di Boston, Massachusetts.

Peraturan formal nasional pertama dibuat dan di resmikan Asosiasi Atletik Gaelic (GAA) pada tahun 1884 di Irlandia. Permainan ini masih diatur oleh GAA di Irlandia. Melalui dewan nasional GAA.

Sedangkan di Inggris Raya asosiasi diatur oleh National Rounders Association (NRA) yang mana dibentuk pada tahun 1943.

Meskipun kedua asosiasi tersebut berbeda dalam gameplay maupun budaya dan tradisi, tetapi mereka berbagi elemen permainan serta budaya yang serupa. Selanjutnya, kompetisi diadakan antara tim dari kedua tradisi.

kompetisi di adakan antara tim dari kedua tradisi, dengan berain bergantian satu versi yang dimainkan di pagi hari dan yang lainnya di sore hari.

sejarah permainan rounders
Gambar sejarah permainan rounders di Baroona, Glamorgan Vale, Australia pada tahun 1913, diambil dari en.wikipedia.org

Setelah peraturan permainan rounders di resmikan di Irlandia. Selanjutnya asosiasi didirikan di Liverpool, Inggris dan Skotlandia pada tahun 1889.

Baik versi Baseball, permainan dari New York atau permainan dari Massachusetts yang sekarang sudah tidak ada, serta softball mempunyai akar sejarah yang sama dengan rouders dan mempunyai kemiripan seperti versi GAA dari permainan tersebut.

Meskipun rounders diasumsikan lebih tua di bandingkan dengan permainan baseball, referensi sastra dalam bentuk awal “base-ball” di Inggris di gunakan sebelum penggunaan istilah rounders.

Permainan atau olahraga ini juga merupakan permainan yang populer di kalangan anak-anak sekolah Inggris dan Irlandia.

Terutama di kalangan anak perempuan dan juga dimainkan hingga tingkat Internasional.

Sedangkan di Indonesia sendiri permainan dengan gaya yang serupa, biasanya disebut permainan kasti. Kasti lebih populer di kalangan masyarakat Indonesia dibandingkan ronuders.

Permainan rounders mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1960 dan pertama kali di adakan di kejuaraan permainan rounders yakni pada tahun 1967 yang bertempat di Jakarta yang mana pada saat itu terdaftar dalam Pekan Olahraga Nadional atau yang disingkat PON.

Selain gaya permainan rounders yang mirip dengan permainan softball, ada beberapa perbedaaan diantara kedua pemainan tersebut, yakni bentuk lapangan yang di pakai dalam pertandingan resmi dan juga perbedaan ukuran lapangan.

Bentuk lapangan rounders merupakan bentuk persegi lima, sedangkan bentuk lapangan permainan softball mirip seperti diamond.

 

Jadi, karena awal mulanya dimainkan di negara Inggris, bisa kita simpulkan jika permainan rounders ini berasal dari negara Inggris.

Sekian untuk pembahasan kita di artikel seputar olahraga kali ini, yang membahas tentang sejarah permainan rounders.

Apabila ada kesalahan atau kekeliruan dalam artikel ini silahkan komen di bawah.

Akhir kata terima kasih, jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!