Ukuran Lapangan Permainan Kasti

Ukuran Lapangan Kasti – Selamat datang, sebelumnya terima kasih sudah mau mampir kesini.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang ukuran lapangan sepak takraw, dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas ukuran lapangan kasti.

Jumlah pemain kasti tiap tim yaitu 12 orang, dalam permainan ini dibutuhkan kekompakan yang cukup besar supaya bisa menang.

Berikut dibawah ini penjelasan tentang pengertian dan ukuran lapangan kasti.

Pengertian Bola Kasti

Kasti atau Gebokan merupakan jenis dari olahraga bola, permainan ini dilakukan dengan dua kelompok dan menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu yang disusun (bermain)

Siapapun yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola adalah kelompok yang memenangkan permainan.

Awalnya, permainan ini ditentukan dahulu dari kelompok mana yang akan menjadi penjaga awal dan kelompok yang dikejar dengan suit.

Kelompok yang menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepatnya setelah tumpukan batu roboh oleh kelompok yang dikejar.

Jika bola berhasil menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola menjadi penjaga tumpukan batu, kerjasama antar anggota kelompok sangat dibutuhkan seperti halnya olahraga sofbol atau bisbol.

Versi lain permainan kasti yang banyak dimainkan anak anak sekolah, pemain dibagi dua regu, salah satu mendapat giliran jaga dan satu regu lagi mendapat giliran untuk memukul.

Disediakan beberapa pos yang ditandai dengan tiang dimana pemain serang (yang mendapat giliran pukul) tak boleh dilempar dengan bola.

Pemain serang bergiliran memukul bola yang diumpan oleh salah seorang pemain jaga, pemain jaga berjaga dilapangan untuk mencoba menangkap pukulan pemain serang.

Ketika bola terpukul pemain serang berlari ke pos berikut atau “pulang” ke “rumah” yang dibatasi dengan sebuah garis.

Kalau pemain yang sedang lari menuju pos atau pulang dapat di lempar(terkena lemparan) dia dinyatakan mati dan kedua regu berganti, contohnya regu serang jadi regu jaga dan sebaliknya.

1. Ukuran Lapangan Kasti

ukuran lapangan kasti

Lapangan kasti memiliki bentuk persegi panjang,

Berikut dibawah ini ukuran lapangan kasti :

  • Panjang Lapangan Kasti 60-70 meter.
  • Lebar Lapangan Kasti 30 meter.
  • ┬áRuang tunggu 10 meter.

Setelah mengetahui ukuran lapangan kasti, kamu juga harus mengetahui ukuran berbagai garis yang ada di dalam lapangan permainan kasti, berikut dibawah ini penjelasannya :

  • Luas Ruang pemukul 5 x 5 meter.
  • Luas Ruang pelambung 5 x 5 meter.
  • Luas Ruang bebas 15 x 5 meter.
  • Jari jari marka 1 meter.

2. Perlengkapan Permainan Kasti

perlengkapan kasti

Perlengkapan yang digunakan pada permainan bola kasti hampir sama dengan permainan softball.

Berikut dibawah ini penjelasan tentang perlengkapan permainan kasti :

Bola Kasti

Bola yang digunakan dalam permainan kasti ialah bola tenis, yang berukuran kecil dengan berwarna kuning atau hijau dan mempunyai garis garis putih.

Bendera Kecil

Jika menggunakan bendera, maka persiapannya ialah ada pada setiap sudut lapangan dengan peletakan tanda di tengah lapangan.

Tongkat Pemukul

Tongkat pemukul ini biasanya terbuat dari kayu yang memiliki ukuran panjang antara 50-60 cm.

Tiang Hinggap

Tiang hinggap terdiri dari tiang yang sudah dipasang dengan bendera kemudian menanamkannya di atas tanah (sudut) supaya pada saat permainan berlangsung tidak akan mudah tergeser maupun tercabut, khususnya pada waktu pelari memegangnya.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian dan luas lapangan permainan kasti.

Terima kasih sudah mau berkunjung kesini dan jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya.

Semoga bermanfaat^_^

Tinggalkan komentar